Senin, 17 Desember 2018

Kandungan dan Kegunaaan Tepung Jagung Untuk Penderita Celiac

Sebab kandungannya gluten free alias leluasa gluten, tepung jagung dapat dikegunaaankan untuk pengidap kondisi kesehatan tertentu tidak hanya dapat dipakai sebagai bahan masakan. Tepung jagung alias yang dikenal juga sebagai tepung maizena dibangun dari biji jagung. Umumnya, tepung ini dipakai untuk bahan tambahan dalam memasak, membikin sirup jagung, maupun mengentalkan kuah sup alias saus.

Kandungan dan Kegunaaan Tepung Jagung Untuk Penderita Celiac

Selain untuk masak, kegunaaan tepung jagung lainnya adalah sebagai berikut:

-Dijadikan adonan pelapis nugget ayam yang berkegunaaan untuk menjaga bagusyahannya awet seusai digoreng.

-Dipakai sebagai bahan bedak bayi.

-Bahan pembuatan bioplastik, kantong plastik yang dapat hancur dengan sendirinya.

-Bahan antilengket yang berbahan karet alamiah semacam kondom dan sarung tangan kesehatan.

Di dunia medis, tepung jagung dipakai sebagai sumber glukosa untuk penderita penyakit glycogen storage disease (GSD). Tidak hanya itu, dapat pula dikegunaaankan oleh penderita penyakit celiac, penyakit autoimun pada saluran pencernaan dimana ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten maka dapat merusak lapisan dari usus halus. Penderita celiac sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gluten.

Pengidap celiac tak merasakan gejala apapun ketika tak sengaja mengonsumsi makanan bergluten. Penyakit ini terbukti tak disertai gejala. Tetapi bukan berarti tak ada kerusakan pada usus. Pada sebagian besar permasalahan, gejala yang dirasakan biasanya berupa sakit perut dan diare. Apabila pengidap celiac semakin menerus mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, maka biasanya bakal mengalami komplikasi serius semacam peradangan usus hingga kanker usus kecil.

Gluten berasal dari bahasa latin, glue. Gluten adalah protein dalam gandum. Tepung terigu yang mengandung gluten biasanya dipakai untuk membikin roti sebab bahan ini membikin adonan menjadi mudah dibentuk elastis, dan mengembang. Untuk menghindari dari risiko gluten, pengidap penyakit celiac sebaiknya mengonsumsi makanan yang leluasa protein gluten.

Sebagai pengganti terigu biasa, penderita celiac dapat memakai produk leluasa gluten. Apabila Kamu mungkin kesusahan menemukan produk gluten free di toko konvensional, Kamu dapat mencarinya di toko online. Tidak hanya produk-produk yang terbuat dari tepung jagung, penderita celiac juga dapat mengonsumsi makanan leluasa gluten lain semacam sayur, buah, daging ikan, daging unggas, dan produk-produk olahan susu. Pastikan pula untuk mengonsumsi makanan tersebut tanpa campuran bahan-bahan yang mengandung gluten. Tidak hanya tepung jagung, ada berbagai tepung lain yang dapat dipilih. Diantaranya tepung kacang, tepung kentang, dan tepung beras.